Bersama menjadi Media belajar online untuk semua

05 March 2014

Membuat File PDF



Sebagai pengguna internet, anda tentu sudah akrab dengan file PDF (baca Portable Document Format). Ya .....file PDF atau Portable Document Format saat ini banyak digunakan untuk bertukar dokumen digital. Yang menjadi masalah adalah bagaimana membuat file berformat PDF.
Adobe System, sebagai yang pertama mengenalkan file ini, menyediakan Adobe Acrobat untuk membuat File PDF dengan berbagai fasilitas didalamnya, tentu software ini tidak gratis.
Namun jangan khawatir, jika kita ingin membuat file PDF standar, anda masih bisa menggunakan sofware gratis yang banyak di internet.
Berikut cara membuatnya :
  1. Beruntunglah bagi anda yang telah menggunakan Microsoft Office 2010 atau 2013, karena pada versi ini mengijinkan kita menyimpan dokumen dalam format PDF.
    Setelah anda selesai mmbuat dokumen di microsoft Word 2010 atau 2013, maka selanjutnya pilih menu Save As, kemudian pada kotak Save File As Type  pilih PDF(*.pdf), kemudian setelah klik tombol save anda telah memiliki dokumen dengan format pdf.

    Save As PDF
    Save As PDF

  2. Bagi anda yang belum menggunakan Microsoft Word 2010 atau 2011, maka anda dapat memanfaat kan software PDF Converter untuk membuat file PDF. Salah satu software yang dapat di unduh gratis adalah DoPDF dari dopdf.com. Kunjungi webnya, kemudian download.
    Setelah download berhasil, tinggal instal sampai selesai.
    Untuk menggunakannya, tinggal buka dokumen anda dengan Micosorf Word (versi berapapun) kemudian pilih menu Print, selanjutny pilih pada pilihan Printer yang akan digunakan, maka akan muncul printer DoPDF v(x). Setelah DoPDF terpilih, klik tombol Print, maka anda akan ditanya dimana file PDF akan disimpan. Setelah anda menentukan lokasi penyimpanan file maka Klik OK dan file PDF Anda telah dibuat.

    PDF Converter
    DoPDF v7
  3. Selain DoPdf Anda juga bisa mencoba sofware berikut (cara kerja nya sama, melalui menu print) :

Selamat mencoba, baca juga :




Portable Document Format
Share:
Custom Search
Bambumedia. Powered by Blogger.

Recent Posts

Unordered List