Bersama menjadi Media belajar online untuk semua

16 October 2013

Mencari File Microsoft Word (.doc) yang hilang oleh Virus

Beberapa waktu yang lalu ada temen saya yang panik karena file microsoft word miliknya hilang setelah di Scan pakai antivirus. Awalnya file-nya tidak bisa dibuka meskipun file nya masih ada.  Kemudian setelah di Scan file-nya malang hilang sama sekali. Usut punya usut ternyata file Microsoft Word yang ber-extensi .doc (mocrosoft word document....) telah berubah menjadi  .exe (aplication). Ya....hal tersebut merupakan ulah salah satu virus komputer yang kerjaannya menyembunyikan File Microsoft Word yang berekstensi .doc maupun .docx, kemudian membuat file baru dengan nama yang sama namun berupa file Aplikasi dengan ekstensi exe. Dan jika file ini di klik, secara otomatis akan menginfeksi pc anda. Dalam keadaan Normal, jika di lihat dari windows explorer,  maka file dokumen akan terlihat seperti berikut :

Microsoft Word
file belum terkena virus

Nah....Jika virus telah bekerja, maka tampilan pada windows explorer akan menjadi seperti berikut :

Microsoft Word
hasil kerja virus

Disini terlihat jelas bahwa ekstensi file yang semula .docx berubah menjadi .exe, type nya pu berubah menjadi Aplication.
Biasanya setelah dideteksi oleh anti virus file-file berextensi .exe akan terhapus, dan file asli tidak kelihatan karena memang disembunyikan oleh virus (ini yang bikin panik temen saya). Perlu diketahui bahwa file-file doc tersebut telah diubah atributnya menjadi Hidden, dan System oleh virus sehingga tidak ditampilkan di windows explorer. Untuk melihatnya silakan buka Windows Explorer, kemudian pilih menu Organize, lalu setelah muncul kotak Folder Option,  pilih tab View.

Microsoft Word
folder option

Kemudian, pilih Show hidden file and folders (untuk menampilkan file dan folder yang di hidden), jangan lupa hilangkan centang pada Hide Protected operating system file(recomended) untuk menampilkan file yang atributnya telah diubah menjadi sistem. Setelak klik OK, silakan buka lokasi file anda, maka file anda akan tampil, namun dengan warna yang buram (tanda bahwa file dalam keadaan hidden, atau merupakan file System.

Microsoft Word

Nah.....file anda sudah terlihat, walaupun masih dalam keadaan hidden, namun anda sudah bisa membuka dan meng-edit halaman anda secara normal. Hanya saja, file ini tidak akan terlihat dikomputer lain, karena memang default sistem operasi komputer memang menyembunyikan file dengann atribut hidden dan system. Meskipun file sudah bisa digunakan, namun membiarkan komputer menampilkan file system, adalah hal yang sangat riskan, karena bisa saja orang secara tidak sengaja menghapus file system windows, sehingga fatal akibatnya. Solusinya, kembalikan kembali masuk Folder Option, kemudian pilih Do not show hidden files and folders, kemudian centang kembali Hide Protected operating system file(recomended), lalu tekan OK. Dengan catatan, file anda yang di hidden sudah diubah atributnya ke normal, caranya klik link berikut :

Menampilkan File Microsoft Word yang Hilang karena Virus
Share:
Custom Search
Bambumedia. Powered by Blogger.

Recent Posts

Unordered List