Bersama menjadi Media belajar online untuk semua

17 February 2014

Mengembalikan Data Yang Terhapus dengan Recuva

Pernahkan anda secara tidak sengaja menghapus file anda? Padahal file tersebut sangat penting keberadaannya. Ya anda akan beruntung jika file tersebut masih tersimpan di Recycle Bin, namun akan sangat berbeda jika file tersebut terhapus secara permanen.
Namun jangan putus asa dulu, saat ini banyak tersedia aplikasi yang mampu mengembalikan (recover) file yang terhapus tersebut. Dari sekian banyak aplikasi yang tersedia, piliha saya jatuh pada Recuva. Sebuah sofware dari piriform.com ini selain menyediakan yang versi gratis, menyediakan banyak pilihan didalamnya. Anda dapat mendownload versi gratis dari wesite nya langsung di http://www.piriform.com/recuva/download
Setelah selesai di download, kemudian Install programnya. Selanjutnya anda tinggal menjalankan Recuva dan ikuti langkah langkahnya.

Recuva Wizard
Recuva Wizard
Saat pertama kali membuka Recuva, maka anda akan dihadapkan pada Jendela Recuva Wizard seperti diatas. Klik Next untuk melanjutkan. (Jika anda ingin langsung masuk menu utama ketika menjalankan recuva, maka beri tanda centang Do not show this wizard on startup. )

Pilih Jenis File
Pilih Jenis File
Setelah pilih Next maka Kita diminta untuk memilih jenis file, pilih jenis file yang ingin anda cari. Memilih All Files, berarti program akan mencari seluruh file dan ini tentu membutuhkan waktu yang lama. Pilih jenis file yang ingin anda cari saja, kemudian klik Next.

Pilih Lokasi File
Pilih Lokasi File
Selanjutnya tentukan lokasi file anda sebelum terhapus. Sesuaikan dengan pilihan yang tersedia, atau jika anda ingin lebih cepat bisa anda pilih In a Specific Location, ini berarti program hanya akan mencari di lokasi yang sudah anda tentukan, pada gambar diatas dicari di drive F. Kemudian tekan Next.
Deep Scan
Deep Scan
Jangan lupa beri centang pada Enable Deep Scan, ini berfungsi agar pencarian lebih detail sehingga kemungkinan menemukan file yang hilang akan lebih besar. Kemudian Klik Start.

Proses Pencarian
Proses Pencarian
 Tunggu sampai proses pecarian selesai, lama tidaknya tergantung dari ukuran drive anda.


Setelah selesai tinggal anda cari file anda di jendela Recuva, pilih file mana yang akan di recover, kemudian pilih recover, selanjutnya tentukan dimana file akan disimpan, selanjutnya klik OK dan SELAMAT......file anda telah kembali.
Untuk pengaturan lebih lanjut anda bisa memilih Switch to Advanced Mode, dan anda akan dibawa ke tampilan Utama Recuva, dimana terdapat pengaturan lebih lanjut (Option).

Home
Home
 Demikian sekilas informasi ini semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukan.
Share:
Custom Search
Bambumedia. Powered by Blogger.

Recent Posts

Unordered List